Jumat, 23 Maret 2012

Cara Merawat Komputer

Tips untuk merawat komputer kita, dapat kita lakukan dari segi hardware dan softwarenya. Untuk perawatan hardware adalah sebagai berikut :

  1. Bersihkan komponen-komponen hardware Anda paling tidak sebulan sekali (Tergantung keaadaan). Bila Anda tinggal di daerah yang kualitas udaranya baik, pedesaan misalnya maka pembersihan komponen bisa 2 atau 3 bulan sekali. Namun bila kamu tinggal di daerah berdebu atau yang berpolusi (Perkotaan atau pinggir jalan raya), maka ada baiknya bila kamu bersihin komponen-komponen komputer kamu 1 atau 2 minggu sekali. Hal ini disebabkan karena komponen yang berdebu/kotor lebih lambat dalam bekerja, dan lebih berpotensi menimbulkan konsleting. Komponen-komponen yang dibersihkan adalah Hardisk, RAM, Hetsing, dan Motherboard. Pembersihannya bisa pake Blower atau disapu dengan kuas. Ati2 aja ya..jangan pake air!!! haha...
  2. Pastikan CPU berada di bagian yang kedap air, tidak berada di bagian rumah yang sering terjadi lalu lintas air (Air seni Tikus juga lumayan berbahasa lo..). Masuknya air ke komponen CPU sangat berbahaya dan berpotensi menimpulkan konsleting. Jangan letakkan komputer dekat jendela. Bila hujan, bisa-bisa kecipratan tuh...
  3. Bila hardware sudah sering trouble (kadang tidak terdeteksi oleh motherboard, segeralah ganti dengan yang lebih baik. Cek kabel power dan datanya, bila dalam keadaan baik, berarti hardwarelah yang bermasalah. Ciri-ciri hardawe yang sudah usang akan dibahas di posting selanjutnya InsyaAllah.
Nah, untuk hardware cuman itu sih kayaknya...hehehe. Low untuk softwarenya, ini yang lumayan butuh kesabaran. Untuk merawat software, maka yang harus kita lakukan adalah :
  1. Memastikan Operating Sistem dalam keadaan VIT. Jangan sampai operating sistem kita terserang virus, atau corupt. Bagaimana caranya? Lakukan Defragment secara berkala. Paling tidak setiap 3 atau 4 bulan sekali. Karena defrag yang terlalu sering, dapat mempercepat kerusakan hardware. Trus jangan lupa pake Antivirus yang bagus. Low aq sih pake Esetnod32, lumayan sih. Bila ingin lebih aman lagi, pke DeepFreeze. InsyaAllah komputer aman dari infeksi virus.
  2. Buanglah aplikasi-aplikasi yang sangat jarang dipakai, atau sudah rusak file systemnya. Aplikasi yang jarang dipake lama-lama jadi junk. Bisa memperlambat kinerja komputer. So buang aja.
  3. Jangan pake Font terlalu banyak. Meski komputer Anda dipake untuk rental, maksimal gunakan sekitar 500 jenis font saja. Kecuali bila Anda berkecimpung di bidang design, tentu font akan sangat diperlukan. Maka bila Anda ingin font banyak, jangan lupa untuk menambah spesifikasi hardware Anda agar kinerja komputer tetap prima.
  4. Rajin-rajinlah Cek registy OS anda, karena registry adalah Jantung Windows. Oh iya, dengan sedikit mengUtak-atik registry, kinerja komputer bisa lebih cepat lho. InsyaAllah ntar q bahas di posting selanjutnya dah..
Ok, kayaknya itu aja untuk kali ini. Silakan berikan saran, kritik atau tambahan terhadap artikel ini. Terima kasih....
Description: Cara Merawat Komputer Rating: 5 Reviewer: Pray Mas ItemReviewed: Cara Merawat Komputer

0 komentar:

Posting Komentar