Fungsi Dari sebuah Manajemen Pada sebuah Perusahaan :
- Planning / Merencanakan
- Organizing / Mengorganisasi
- Actuating / Mengarahkan (Memimpin)
- Controling / Mengendalikan
Fungsi Manajemen yang mencakup proses mendefinisikan sasaran, menetapkan strategi untuk mencapai sasaran itu, dan menyusun rencana untuk mengintegrasikan dan mengkoordinir sejumlah kegiatan
2. Organizing / Mengorganisasi
Fungsi manajemen yang mencakup proses menentukan tugas apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukan, bagaimana cara mengelompokan tugas-tugas itu, siapa harus melapor ke siapa, dan dimana keputusan harus dibuat.
3. Actuating / Memimpin Fungsi manajemen yang mencakup motivasi bawahan, mempengaruhi individu atau tim sewaktu mereka bekerja, memiliki saluran komunikasi yang paling efektif, dan memecahkan dengan berbagai cara perilaku karyawan.
4. Controling / Mengendalikan
Fungsi manajemen yang mencakup memantau kinerja aktual, membandingkan aktual dengan standar, dan membuat koreksinya jika perlu.
B. Peran Manajemen
1. Peran Antar pribadi : Adalah peran manajerial yang melibatkan orang dan tugas lain yang bersifat seremonial dan simbolis.
2. Peran informasional : Adalah peran manajerial yang meliputi menerima, mengumpulkan dan menyebarkan informasi.
3. Peran pengambilan keputusan : Peran manajerial yang berkisar seputar membuat pilihan
Keahlian Manajemen
4. Keahlian Teknis : Pengetahuan dan keahlian dibidang spesialisasi tertentu.
5. Keahlian tentang orang : Kemampuan bekerja secara baik dengan orang lainsecara individu atau dalam kelompok.
6. Keahlian Konseptual : Kemampuan berpikir dan konseptualisasi tentang situasi yang abstrak dan rumit.
C. Bentuk Kegiatan Manajemen
• PERENCANAAN STRATEGIS
Pada dasarnya perencanaan strategis meliputi hal-hal sbb :
- Proses evaluasi lingkungan luar organisasi
- Penetapan tujuan
- Penentuan Strategi
• PENGENDALIAN MANAJEMEN
Merupakan tingkatan taktis yaitu bagaimana MTM menjalankan Taktik supaya perencanaan strategis dapat dilakukan dengan berhasil
• PENGENDALIAN OPERASI
Proses penerapan program yang telah ditetapkan di Pengendalian Manajemen & difokuskan pada tugas-tugas manajemen tingkat bawah
D. Tipe Keputusan Manajemen
• KEPUTUSAN TIDAK TERSTRUKTUR Sifat keputusan ini adalah tidak terjadi berulang-ulang & tidak selalu terjadi. Keputusan ini dilakukan oleh MTA. Informasi untuk pengambilan keputusan ini tidak mudah tersedia untuk didapat & biasanya berasal dari lingkungan luar.
• KEPUTUSAN SEMI TERSTRUKTUR Keputusan yang masih membutuhkan pertimbangan-2 dari sipengambil keputusan. Keputusan ini bersifat rumit & membutuhkan pertimbangan serta analisis yang terinci.
• KEPUTUSAN TERSTRUKTUR
Keputusan yang terjadi berulang-ulang dan RUTIN, sehingga dapat diprogram. Keputusan ini terjadi di MTB.
E. TIPE INFORMASI MANAJEMEN
• Untuk mendukung proses pengambilan keputusan dibutuhkan INFORMASI yang berkualitas.
• Untuk manajemen tingkat bawah, tipe informasinya adalah TERINCI, karena digunakan untuk Pengendalian Operasi
• Sedangkan untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya, tipe informasinya adalah TERFILTER atau lebih ringkas
• Keputusan yang dilakukan oleh manager tingkat atas adalah RUTIN & BERULANG-ULANG.
F. PENGAWASAN MANAJEMEN
Ada 8 Fungsi Pengawasan
• Perencanaan Rutin (Routine Planning)
• Penjadwalan (Schedulling)
• Persiapan (Preparation)
• Pengabaran (Dispatching)
• Pengarahan (Direction)
• Pemeriksaan (Supervision)
• Perbandingan (Comparison)
• Pembetulan (Corrective action)
0 komentar:
Posting Komentar